Siap Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19

DISASTERS.ID – Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengaku siap menjadi orang pertama mendapatkan vaksin Covid-19 yang akan dilaksanakan bulan ini.

”Ya, kenapa tidak,” jawab Fahmi saat ditanya wartawan mengenai persiapan vaksinasi Covid-19 selesai menjadi nara sumber Ngumpul Asik (Ngusik) di PWI Kota Sukabumi, Rabu (6/1/2021) malam.

Rencananya di Kota Sukabumi, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat akan digelar pertengahan Januari ini.

Dia menjelaskan pemakaian vaksin Covid-19 ini sudah direkomendasikan pemerintah. Juga informasi dan arahan Kementerian Kesehatan, masyarakat tidak boleh menolak divaksin.

”Saya yakin ketika pemerintah merekomendasikan tentunya pemerintah sudah menjamin ini adalah aman,” ujar mantan anggota DPRD Kota Sukabumi dua periode.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi, Fahmi mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo vaksin akan diberikan kepada seluruh warga masyarakat secara gratis.

”Sasaran pertama tenaga kesehatan, pelayan publik dan lanjut usia (lansia) yang diyakini sehat,” jelas dia.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

Periode pertama 17.000

Menurut Fahmi, Kota Sukabumi pada periode satu Januari-Maret akan mendapatkan vaksin sebanyak 17.000. Selanjutnya periode kedua akan mendapatkan 18.000.

Untuk gelombang satu, pelaksanaan vaksinasi ini digelar setelah pemerintah pusat. Rencananya pemerintah pusat melaksanakan tanggal 13 Januari.

”Pelaksanaan di Kota Sukabumi tidak lebih dari seminggu setelah pusat melaksanakan,” kata dia.

Secara teknis, lanjut Fahmi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yang menjadi leading sector. Dinkes akan menjalankan berbagai rangkaian vaksinasi sesuai arahan pemerintah pusat.

Facebook Comments