2 Rumah Retak-retak dan 8 Terancam

DISASTERS.ID – Sedikitnya dua unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan Sedangkan delapan rumah lainnya terancam rusak.

Peristiwa ini terjadi di Kampung Tanjungsari Tagog RT 01 RW 02 Desa Cisitu Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Ada dua rumah yang rusak, satu rumah permanen dan satu rumah panggung,” kata Koordinator ProBumi Indonesia, Asep Has dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2020) siang.

Menurut dia yang rumah permanen mengalami retak-retak pada dinding dan lantai bangunannya. Dan yang rumah panggung di bawahnya ada retakan panjang.

Penghuni rumah awalnya melihat adanya retakan kecil di dinding Jumat (11/12/2020). Lalu Minggu (13/12/2020) malam, retakan semakin membesar dan menyebar pada dinding bangunan lainnya.

“Adanya kerusakan ini akibat hujan yang terus mengguyur, dan diduga dampak pengerukan tanah dari pembangunan peternakan ayam di sekitar lokasi,” ujar dia.

“Selain dua rumah, juga delapan rumah lainnya yang berada di atas tebing tanah galian kondisinya terancam,” sambung Asep Has.

Dia menuturkan saat ini cuaca di wilayah Nyalindung masih terus-terusan diguyur hujan dengan intensitas bervariasi. Mulai dari ringan, sedang hingga lebat dan lama.

“Khawatir terus ada susulan, para penghuni rumah yang rusak mengungsi ke kerabatnya,” tutur Asep Has.

Peristiwa tersebut sudah diketahui oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Cisitu dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nyalindung.

“Sore ini akan ada assessment dari pihak kecamatan,” pungkas dia.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *