Pohon Tumbang Timpa Rumah, Penghuni Diungsikan

DISASTERS.ID – Pohon tumbang menimpa rumah kembali terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Bahkan kali ini para penghuni rumah diungsikan.

Peristiwanya terjadi di Kampung Kiarajangkung RT 04 RW 02 Desa Cikarang, Kecamatan Jampangkulon, Sabtu (5/12/2020) sekitar pukul 14:30 WIB.

Informasi sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan pohon tumbang menimpa rumah panggung.

Kejadiannya saat hujan deras disertai angin kencang melanda Jampangkulon. Tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa itu, hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian materi.

“Pohon besar menimpa atap rumah sehingga rumahnya tidak layak huni,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani dalam keterangan tertulis, Sabtu petang.

“Karena rumahnya tidak layak huni lagi, pemilik rumah dan keluarganya sementara diungsikan di rumah tetangganya,” sambung dia.

Menurut Anita Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Jampangkulon setelah mendapatkan informasi langsung ke lokasi untuk assessment.

Selain itu berkoordinasi dengan Muspika Jampangkulon dan Pemerintahan Desa Cikarang.

“Warga secara bergotong royong sudah menangani pohon yang menimpa rumah dan membersihkan puing-puing bangunan,” tutur dia.

Anita mengimbau masyarakat Kabupaten Sukabumi agar selalu waspada dengan potensi bencana hidrometeorologi di antaranya longsor, banjir dan angin kencang.

“Saat ini masih berlangsung musim hujan, terutama warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” imbau dia.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *