5 Rumah Terancam Tanah Bergerak

DISASTERS.ID – Sedikitnya lima unit rumah terancam diduga akibat bencana tanah bergerak di Kampung Buniwangi Dua RT 14 RW 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Sukabumi, Jawa Barat.

Informasi sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan peristiwa bencana tanah bergerak terjadi Minggu (29/11/2020) sekitar pukul 14:30 WIB.

Bencana hidrometeorologi dipicu hujan intensitas lebat dan lama ini mengakibatkan terputusnya jalan penghubung antar desa dan kecamatan. Rusaknya pondasi jembatan sungai Buniwangi dan hancurnya drainase, serta lahan persawahan.

Badan jalan desa ambles sepanjang 30 meter dengan lebar 3 meter serta kedalaman 1 meter. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya saja kerugiaan materi ditaksir mencapai Rp150.000.000.-

”Ada lima rumah yang terancam,” kata Koordinator Pusat Pengedalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna dalam keterangan tertulis diterima Senin (30/11/2020).

Menurut dia penanganan bencana sudah dikoordinasikan oleh Petugas Penanggulangan Bencana (P2BK) Cidadap dengan unsur Muspika Cidadap, Pemerintah Desa Banjarsari hingga Ketua RW dan Ketua RT.

”Hasil assessment di lokasi, hingga saat ini tanah masih bergerak karena kondisi tanah sangat labil,” ujar dia.

Sumber : BPBD Kabupaten Sukabumi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *